Profile

Join date: Oct 27, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Masakan Ikonik Yang Harus Kamu Coba Saat Bertandang Ke Bali Kelak


Selainnya pantainya yang cantik dan tempat rekreasi yang lain, Bali mempunyai beberapa kulineran tradisionil yang nikmat. Bila Anda seorang pencinta traveling dan kulineran dan merencanakan untuk bertandang ke Bali, berikut 10 kulineran tradisionil yang harus Anda coba sepanjang ada di Bali. Tidak boleh terlewat peluang untuk coba beberapa salah satunya!


1. Ayam Betutu

Betutu ialah sajian ciri khas Bali yang terbagi dalam ayam atau bebek kukus atau panggang yang diperkaya dengan kombinasi rempah-rempah Betutu. Sajian yang paling diberi bumbu dan diberi bumbu ini benar-benar terkenal di Bali dan Lombok. Kombinasi bumbu Betutu terbagi dalam bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, jahe, lengkuas, kemiri, cabe, terasi dan kacang tanah, ditumbuk lembut memakai lesung dan alu. Kombinasi itu selanjutnya ditumis dan dibalurkan ke unggas. Hasrat dan langkah mengolah Betutu berbeda menurut wilayah di Bali, Bisa Anda dapatkan di Wisata Papua.


2. Sate Lilit

Sate Lilit ialah variasi sate dari masakan Bali. Dibuat dari daging babi cincang, ikan, ayam, sapi atau bahkan juga daging penyu, yang selanjutnya digabung dengan parutan kelapa, santan kental, air jeruk lemon, bawang merah, dan merica. Daging cincang yang telah diberi bumbu dililitkan pada tangkai bambu, tebu atau serai, selanjutnya dibakar di atas arang. Istilah lilit memiliki arti membuntel, yang sesuai sistem pembikinannya dengan melilitkan dagingnya dibanding menusuknya.


3. Babi Guling

Babi Guling atau Babi Panggang di Bali umumnya dihidangkan dengan lawar dan nasi kukus. Ini adalah sajian Bali yang terpopuler. Babi diisi dan dihayati dengan ramuan pedas, umumnya terbagi dalam kunyit, biji ketumbar, serai, lada hitam dan bawang putih, dan dipanggang secara tradisionil. Ini ada di warung di mana warga di tempat pergi untuk makan siang atau makan malam sesaat.


4. Lawar

Lawar ialah sajian yang dibuat dari kombinasi sayur, kelapa dan daging cincang yang digabung dengan bumbu dan rempah-rempah yang kaya. Umumnya diketemukan di restaurant dan warung di Bali. Walau kaya kombinasi sayur, Lawar bukan sajian vegetarian, karena tersering digabung dengan daging cincang atau bahkan juga darah.


5. Rujak Bulung

Rujak Bulung (Rumput Laut) adalah sajian favorite di kelompok masyarakat Bali. Mendapati Rujak Bulung tidak terlampau susah karena bisa secara mudah diketemukan di beberapa warung yang jual masakan lokal Bali. Selainnya Rujak Bulung karena rasanya yang mengunggah hasrat, orang Bali biasanya makan sajian ini saat mengalami mual karena kekuatannya untuk hilangkan muntah dan mual.


6. Tum Ayam

Tum Ayam ialah sajian Bali terkenal yang lain yang diolah dengan sistem yang serupa seperti Pepes Ikan (ikan kukus) dan Otak-otak. Untuk mempersiapkan sajian ini, ayam cincang digabung dengan bumbu beraroma dan santan, dibuntel dengan daun pisang, dan dikukus atau dipanggang. Sajian ini terbagi dalam kombinasi ayam cincang, bawang merah, bawang putih, santan, bumbu terasi, cabe, dan merica.


7. Nasi Tepeng

Makanan yang ini sebagai makanan tradisionil yang dari Gianyar, Bali. Diolah dengan kombinasi rempah-rempah yang kaya dan paprika membuat sajian ini berasa agak pedas. Benar-benar pas untuk Anda bila Anda sukai makanan panas dan pedas. Dihidangkan bersama dengan lauk pauk yang mencakup kacang panjang, kacang merah, nangka fresh, terong, daun kelor, dan kelapa parut!


8. Tipat Cantok

Tipat Cantok ialah makanan tradisionil Bali yang biasa yang bisa diketemukan nyaris dimanapun di Bali. Dibuat dari kombinasi sayur kukus (teratai, kacang panjang, dan tauge) dengan lontong yang digabung dengan sauce kacang. Kadang, kami menambah kecap manis di atasnya untuk menambahkan rasa manis pada sajian ini. Tipat Cantok bisa diketemukan di beberapa warung kecil lokal Bali tapi jarang-jarang diketemukan di restaurant-restoran besar.


9. Bubur Injin

Bubur Injin ialah puding beras hitam ciri khas Bali. Ini adalah makanan penutup ciri khas Bali yang populer. Benar-benar gampang dibikin dan nikmat untuk dipunyai. Dibuat dari beras hitam yang digabung dengan beras ketan untuk memperoleh stabilitas dan struktur yang lembut, dimaniskan dengan gula aren, dan disiram kuah kelapa. Ini ialah makanan penutup yang paling membahagiakan! Sesudah Anda mencoba, Anda akan minta lebih dan lebih, Seperti Makanan Tradisional Papua Barat.


10. Laklak telur

Jaje Laklak ialah makanan ciri khas Bali yang dibuat dari tepung beras. Kue ini umumnya dicicipi dengan satu cangkir kopi, yang lengkapi semua rasa. Mempunyai warna ciri khas hijau muda atau putih dengan permukaan yang berlubang-lubang di atasnya diberi kelapa parut dan disiram sauce gula merah. Tetapi kadang gula merah ditukar dengan susu atau perasa yang lain. Beberapa dihidangkan dengan ketan hitam.


Tersebut beberapa kulineran tradisionil Bali yang jelas harus kamu coba! Saat Anda liburan ke Pulau Dewata ini, yakinkan Anda mencicip makanan sedap ini! Kerjakan perjalanan yang membahagiakan dan peroleh perut yang berbahagia!

MarioGaro

More actions